Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT)

Model pembelajaran Number Heads Together (NHT) adalah salah satu jenis dari model pembelajaran kooperatif. Secara singkat model pembelajaran ini dilakukan dengan cara memberi nomor pada setiap siswa, lalu kemudian guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dan kemudian guru memanggil acak nomor siswa. Menurut ahli dari model pembelajaran kooperatif – Slavin (2005: 256), dia memaparkan bahwa model pembelajaran NHT pada dasarnya adalah sebuah diskusi kelompok, perbedaannya yaitu hanya pada satu siswa yang akan menjadi wakil kelompok tersebut dan tidak ada murid yang mengetahui siapa yang akan menjadi wakil kelompok tersebut karena guru akan memanggil secara random murid yang bersangkutan. Pemanggilan secara random ini membuat murid akan lebih mempersiapkan diri dan serius dalam pembelajaran.
Menurut Kagan dalam Ibrahim (2000: 28), “model NHT adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan khusus untuk meningkatkan penguasaan akademik siswa dengan melibatkan para siswa menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan pemahaman siswa terhadap isi pelajaran tersebut.”
Menurut Trianto (2010: 82), “model NHT adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional, yang lebih melibatkan siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran tersebut.”
Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT ini adalah model pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola pikir siswa dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan akademik siswa untuk memecahkan masalah dalam berdiskusi kelompok dan setiap anggota kelompok memiliki nomor yang berbeda.
 
LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT)
Suprijono (2009: 92) memaparkan langkah-langkah pembelajaran menggunakan numbered heads together yaitu:
1) Numbering, yaitu guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil.
2) Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh tiap-tiap kelompok.
3) Kelompok berdiskusi menemukan jawaban. Pada kesempatan ini tiap-tiap kelompok berdiskusi memikirkan jawaban atas pertanyaan dari guru. Menyatukan kepalanya “heads together”.
4) Guru memanggil peserta didik yang memiliki nomor yang sama tiaptiap kelompok. Mereka diberi kesempatan memberi jawaban atas pertanyaan yang telah diterimanya dari guru. Berdasarkan jawaban itu guru dapat mengembangkan diskusi lebih mendalam, sehingga peserta didik dapat menemukan jawaban pertanyaan itu sebagai pengetahuan yang utuh.
Begitu juga yang telah diungkapkan oleh Hamdani (2011: 90) yang menjelaskan  langkah-langkah model numbered heads together yaitu:
1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
2) Guru memberikan tugas dan tiap-tiap kelompok disuruh untuk mengerjakannya.
3) Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan bahwa setiap anggota kelompok dapat mengerjakannya.
4) Siswa lain diminta untuk memberi tanggapan, kemudian guru menunjuk nomor lain.
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT)
Suatu hal yang pasti adalah setiap model pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tidak terkecuali pada model pembelajaran numbered heads together.
Menurut Hamdani (2011: 90), kelebihan dan kelemahan cooperative learning tipe NHT sebagai berikut.
Kelebihan model NHT, yaitu:
a) Setiap siswa menjadi siap semua.
b) Siswa dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh.
c) Siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai.
Kelemahan model NHT, yaitu:
a) Kemungkinan nomor yang dipanggil akan dipanggil lagi oleh guru.
b) Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru.
Adapun Lundgren dalam Ibrahim (2000: 18) mengemukakan kelebihan dan kelemahan dari model cooperative learning tipe NHT yaitu:
Kelebihan model NHT, yaitu:
a) Rasa harga diri menjadi lebih tinggi.
b) Memperbaiki kehadiran.
c) Penerimaan terhadap individu menjadi lebih besar.
d) Perilaku mengganggu menjadi lebih kecil.
e) Konflik antara pribadi berkurang.
f) Pemahaman yang lebih mendalam.
g) Meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi.
h) Hasil belajar lebih tinggi.
Kelemahan dari model NHT, yaitu:
a) Kemungkinan nomor yang sudah dipanggil guru, dipanggil lagi oleh guru.
b) Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru.
c) Kelas cenderung ramai, jika guru tidak dapat mengondisikan dengan baik, keramaian itu jadi tidak dapat dikendalikan.
Kelebihan dan kelemahan dari model pembelajaran NHT sebaiknya bisa dipertimbangkan oleh para guru yang akan menggunakan model pembelajaran ini.
Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) | admin | 4.5