Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS)

Salah satu model pembelajaran kooperatif yang populer digunakan saat ini oleh guru-guru di Indonesia adalah model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Frank Lyman adalah orang pertama yang memperkenalkan model pembelajaran ini di Universitas Maryland pada tahun 1985.

KARAKTERISTIK MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)

Sesuai namanya, Tentu karakter/ciri utama dari model pembelajaran TPS ada pada 3 tahap, yaitu: tahap Think, tahap Pair dan tahap Share. Think (Berpikir mandiri), Pair (berdiskusi dengan pasangan) dan Share (mengungkapkan pendapat hasil diskusi di depan kelas). Secara detailnya, tahapan-tahapan model pembelajaran TPS adalah sebagai berikut:

  • Tahap Think

Di tahap think ini, guru mengawali pembelajaran dengan mengutarakan sebuah permasalahan yang dirasa berkaitan dengan pembelajaran. Setelah itu, guru meminta siswa untuk menemukan jawaban atas permasalahan yang telah diutarakan guru tersebut secara mandiri. Guru sebaiknya mengawasi siswa dan memberi motivasi pada siswa agar siswa termotivasi.

  • Tahap Pair

Setelah setiap siswa telah menemukan jawaban atas permasalahan yang telah diutarakan guru, kini guru memimpin siswa agar berdiskusi dan saling bertukar pemikiran atas jawaban dengan teman sebangku atau kelompok kecil yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan dari adanya tahapan ini adalah untuk membuat jawaban yang dibuat siswa lebih kuat, karena siswa mendapat jawaban dan pemecahan masalah lain.

  • Tahap Share

Di tahapan terakhir ini, guru meminta beberapa atau seluruh kelompok kecil tersebut mengemukakan pendapatnya di depan kelas. pada tahapan ini diharapkan siswa melakukan tanya jawab, sehingga mendapatkan kesimpulan akhir. Guru mengamati, mengkoreksi, dan menguatkan jawaban siswa.

  • Tahap Penghargaan (opsional)

Tahap penghargaan dilakukan agar siswa termotivasi dalam pembelajaran-pembelajaran selanjutnya. Guru memberikan penghargaan didasarkan pada 2 penilaian, yaitu: penilaian ketika tahap think (berpikir mandiri) dan penilaian ketika tahap Pair (berdiskusi/bertukar pemikiran)

SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN TPS

Sintaks dari model pembelajaran ini terdiri dari 5 tahap utama, yaitu: Pendahuluan, think, pair, share, dan penghargaan. Berikut penjabaran singkat mengenai sintaks model pembelajaran PBL:

Sintaks Model Pembelajaran Think Pair Share

 

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN  MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE

  • Kelebihan Model Pembelajaran TPS

1. Pembelajaran ini lebih terpusat pada siswa, sehingga siswa akan terlibat langsung dalam pembelajaran di kelas.

2. Selain pembelajaran di kelas, model pembelajaran ini-pun bisa membuat siswa melatih kemampuan berpikir mandiri, berinteraksi dengan teman-temannya, mengungkapkan pendapat, menerima pendapat orang lain, dan membantu satu sama lain

  • Kelemahan Model Pembelajaran TPS

1. Model pembelajaran ini membutuhkan koordinasi yang telah dipersiapkan dengan baik, fase persiapan membutuhkan waktu yang banyak

2. Guru harus aktif berkeliling kelas, dan dalam waktu singkat harus bisa menilai seluruh siswa di kelas

3. Siswa yang telah terbiasa dengan pembelajaran konvensional, seperti metoda ceramah, akan merasa kesulitan atau sedikit canggung dengan model pembelajaran Think Pair Share ini.

Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) | admin | 4.5